Untuk Desainer Buku, PENTING!

untuk desainer buku, penting dibaca

untuk desainer buku, penting dibaca

Sumber gambar : Creative Market

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam membuat desain buku, kalau anda seorang desainer layout buku, majalah, handbook, dan lain sebagainya, hal ini perlu diperhatikan.

Tentukan ukuran
Jika anda hanya seorang desainer, tanyakan kepada klien yang punya projek buku tentang ukuran buku yang akan mulai didesain, jika masih belum jelas, lebih baik jangan di kerjakan dulu, karena nanti akan kesulitan jika ukuran buku dirubah ketika desain buku yang dikerjakan sudah selesai dengan ukuran berbeda.

Selalu gunakan warna CMYK
Untuk warna, selalu gunakan warna CMYK karena mesin cetak offset hanya dapat mencetak dari campuran 4 warna tersebut yaitu CYAN, MAGENTA, YELLOW, BLACK. Hindari penggunaaan warna Pantone karena akan dikonversi menjadi warna CMYK ketika proses FILM/CTP, dikhawatirkan warna yang dihasilkan akan jauh dari tampilan di komputer. Penggunaan warna Pantone disarankan jika ingin mencetak warna lebih dari 4 warna, misalnya 5,6,7 warna dst, tapi ongkos cetak akan bertambah mahal jika mencetak lebih dari 4 warna.

Pakai Bleed (Lebihan)
Bleed atau lebihan adalah area diluar ukuran potong lembaran buku, misalkan buku yang anda buat berukuran A4 yaitu 29,7 x 21 cm maka anda perlu membuat desain dengan tambahan lebihan keliling 3mm jadi ukuran desain yang harus anda buat adalah 30,3 x 21,6 cm. Jika tidak menambahkan bleed dalam membuat desain buku, maka ketika lembaran kertas dipotong maka potongan akan mengurangi j buku, setelah jadi maka ukuran buku lebih kecil dari ukuran A4. Dalam hal ini, biasanya pihak percetakan akan membantu membuat lebihan untuk anda, tapi jangan salah.. desainer banyak yang tidak mau pusing apalagi anda memberikan hanya dalam file PDF, maka untu membuat lebihan di PDF dibuka di adobe photoshop, lalu ditambahkan bleed > lalu disimpan “ini menjadi kualitas hasil cetak agak ngeblur pada text berukuran kecil yang misalkan hanya 12 point”. Atau jika anda memberikan file aslinya dalam bentuk Adobe Indesign INDD maka ditakutkan akan adanya kesalahan seperti halnya ada objek yang tergeser dan ini lumayan fatal, bahkan anda bisa bertengkar dan adu otot dengan pihak percetakan karena kesalahan yang telah terjadi.

Dalam membuat desain buku untuk dicetak dimesin Cetak Offset, bleed merupakan hal yang sangat penting agar desain buku anda aman dari mesin potong. Untuk mengirimkan file ke percetakan, kirimkan file PDF yang sudah ada bleed keliling minimal 3mm. Dan ini akan lebih memudahkan pekerjaan penyusunan untuk naik ke mesin CTP dan naik cetak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: